Halo, NutriFriends!

Pasti jantung kamu lagi berdebar banget ya sekarang? hehehe Yup! Soalnya Nutrifood sudah punya nama-nama mahasiswa di tiap kota audisi yang punya kesempatan untuk ikut Tahap Seleksi Nutrifood Leadership Award 2016 selanjutnya 🙂

Sebelumnya, Nutrifood ucapkan terima kasih atas antusiasme dan euforia yang besar dari teman-teman pendaftar #NutriLead 2016. Ribuan formulir telah berhasil diseleksi oleh tim Nutrifood sampai akhirnya terpilihlah mahasiswa-mahasiswi keren, and yes you guys are awesome!

Nah! Buat kamu yang belum beruntung nih, bukan berarti kamu bukan Inspiring Future Leaders yah! Teruslah belajar dan berkontribusi bagi negeri  Indonesia ya!

And now guys, yuk  kita intip nama-nama kamu di tabel Pengumuman Audisi Kota berikut :

JAKARTA

Pengumuman Audisi Kota NutriLead 2016

SURABAYA

Pengumuman Audisi Kota NutriLead 2016 - SBY

YOGYAKARTA

Pengumuman Audisi Kota NutriLead 2016 - YGY

BANDUNG

Pengumuman Audisi Kota NutriLead 2016 - BDG

Congratulations!

Detail informasi tahap selanjutnya, akan langsung disampaikan melalui email kepada mahasiswa terpilih. Jangan lupa untuk segera mengecek email masing-masing ya!

Apabila ada pertanyaan, silahkan menghubungi twitter atau Instagram @Nutrifood dan Facebook : Nutrifood

See you!

Percaya diri adalah kebulatan hati yang menggandrungi batin saya ketika berhasil lolos program Nutrip 2016. Sejujurnya nih, awalnya saya sempat takut saat akan mengisi formulir pendaftaran online di website Nutrifood, karena tertulis bahwa setiap peserta akan mendapatkan project individu maupun kelompok. Hati saya pun berkecamuk “gue bisa gak ya?”. Ribuan keraguan meyelimuti hati saya, hingga akhirnya rasa takut itu sirna ketika dukungan dari keluarga dan sahabat mengalir untuk saya. Cieeee!

Meski baru akan memasuki semester 5 dan ilmu yang saya punya pun masih seumur jagung, akan tetapi saya tetap ingin mencobanya. Saya bersikukuh mau intern karena saya yakin dengan praktek langsung, maka akan lebih banyak pelajaran yang bisa didapat jika dibandingkan dengan cuma mendengar hal teoritis, seperti halnya di kampus hehe.

Yup, itung-itung buat ngisi waktu liburan semester genap yang sangaaaaat lama kurang lebih 3 bulan lamanya J Dibanding menghabiskan waktu liburan hanya dengan bangun siang, makan, main, dan bermalas-malasan, lebih baik saya memanfaatkan waktu untuk ikut kegiatan yang bermanfaat, seperti Nutrip ini! Yup! Waktu adalah uang bukan? 😀

Di Nutrip ini, saya dipertemukan dengan teman-teman dari berbagai universitas dan jurusan yang berbeda-beda. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk bisa beradaptasi dan berkomunikasi dengan teman-teman Nutrip. Awalnya sih canggung banget, eh lama-kelamaan cair juga setelah melalui masa orientasi selama seminggu di kantor Nutrifood, dan akhirnya kami berbaur layaknya sahabat. Senangnya hahaha!

Keseruan gak hanya sampai disitu, saya dan teman-teman akhirnya sampai juga ke bagian penting dari NUTRIP ini, yaitu pembagian project oleh mentor masing-masing. Dari 8 orang peserta Nutrip, 4 orang ditempatkan di Rawabali, dan 4 lagi ditempatkan di plant Cibitung. Divisi yang ditujukkan juga berbeda-beda, ada yang di brand marketing, IT, promotion, warehouse, produksi, dan saya sendiri ditempatkan di quality control (QC).

Saya deg-degan banget waktu bertemu mentor saya untuk pertama kalinya. Jeng jeengg! Mentor saya adalah Mas Galih. Nah! Dia menantang saya dengan memberikan saya 9 pilihan project yang bebas untuk saya pilih. Saya juga diberi kebebasan untuk menentukan timeline saya sendiri dan berusaha mandiri mencari info terkait project yang akan saya pilih. Ibaratnya nih, saya diberikan kepercayaan penuh untuk menentukan pilihan saya sendiri oleh Mas Galih.

Untung aja, Mas Galih senantiasa membantu saya saat mengalami kesulitan. Alhasil, setelah melakukan studi literatur dan ‘bertapa’ beberapa lama *cieelah*, akhirnya saya membulatkan tekad untuk memilih dua project. Saya pun bertanya kepada Mas Galih, kira-kira mana yang lebih cocok untuk saya kerjakan. Ternyata jawaban Mas Galih di luar ekspektasi saya! Saya akhirnya mengerjakan kedua project tersebut, karena Mas Galih meyakinkan bahwa kedua project tersebut bisa saya kerjakan sekaligus karena tidak memakan waktu terlalu lama. Challenge accepted :p

Berkat bimbingan dari Mas Suhadi juga nih, saya akhirnya bisa  menyelesaikan kedua project saya di Pabrik Cibitung. Project saya yang pertama , berkaitan dengan sampling dan validasi, sedangkan yang kedua berkaitan dengan problem mapping. Dua project yang berbeda ini saya kerjakan dengan sepenuh hari dengan segala tantangannya. Berkat ini, saya mendapat pengalaman sampling dengan sebuah tongkat sampling yang panjangnya sampai kurang lebih 1.5 meter lho! Wow! Saya bahkan gak pernah tau bahwa ada alat sampling seperti itu! Saya juga berkesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai elemen plant, mulai dari engineering, RnD, produksi, dan tim QC sendiri untuk problem mapping project kedua saya.

Saya benar-benar belajar untuk membagi waktu, mengambil keputusan, memahami keterkaitan antar elemen dalam pabrik, dan bekerja sama dengan orang lain dalam pengerjaan project ini. Benar-benar pengalaman yang bermanfaat dan tidak akan saya lupakan! Yay!

Hal ini membuat saya bersyukur banget bisa ikutan Nutrip ini, karena benar-benar terasa banget pengalaman bekerja nya. Tidak seperti cerita senior atau teman lainnya tentang pengalaman magang, yang katanya tidak ada kerjaan atau bahkan hanya sekedar fotocopy atau membuat kopi saja. Di Nutrip ini kami bahkan diberikan project yang bahkan seharusnya dikerjakan oleh karyawan Nutrifood sendiri.

Sampai artikel ini ditulis, project saya sudah mencapai kurang lebih 50% dan saya masih memiliki waktu 16 hari lagi. Huah! Doakan project saya selesai pada waktunya ya! Pokoknya magang di NUTRIP sabi banget deh! Yey!

 

Devina

Teknik Kimia

Institut Teknologi Bandung

Konon menurut salah satu filsuf kesehatan yang pernah saya baca (eaaaaa sok bijak), menjaga manisnya hidup tuh harus dimulai dari sekarang, ga bisa nunggu-nunggu sampe tua atau bahkan sampe keburu sakit duluan. Nah, tapi kenyataannya ga semudah itu kan? Jangankan hidup sehat, mengatur pola makan teratur 3 kali sehari aja belum tentu bisa kita lakuin :p

Sama nih halnya dengan berolahraga. Biasanya nih, tubuh kita mager alias males gerak 😛 Entah karena sibuk kerja, capek, atau bahkan karena gak ada partner yang ngajakin olahraga hihihi. Hmmm… Sebulan sekali bisa olahraga aja udah bersyukur banget. Tapi bener ga sih hidup sehat itu sesusah itu? :O

Waktu pertama kali mau magang di Nutrifood, hal inilah yang menjadi salah satu concern dan kekhawatiran saya. Yup, secara pas tinggal di Bandung dulu kan bareng orang tua jadi makanan dan kebutuhan lainnya udah terjamin banget. Ditambah lagi, jadwal nge-gym 3 kali seminggu yang hampir ga pernah absen. Nah, kalau di tempat magang nanti siapa yang mau ngurusin? Hahahaha

Aha! Untungnya di Nutrifood itu yang namanya hidup sehat dan nikmat bisa jalan selaras! Fasilitas penunjang kesehatannya tuh BANYAK! Dan salah satu favorit gw dari semua fasilitas itu adalah GYM! Bukan pokemon gym ya guys, tapi ini gym beneran hahaha.

Gym

Serunya nih, disini juga bahkan ada karyawan yang bias jadi instruktur olahraga, yang pastinya sangat membantu teman-teman #Nutrip saya untuk latihan dan menggunakan alat-alat gym sesuai dengan fungsinya. Bukan hanya melatih aja, tetapi kak Richie (nama instruktur tersebut) juga curcol gimana caranya hidup sehat dan menjadikan hidup sehat itu sebagai gaya hidup kita. Well, terbukti sih yang awalnya badan teman-teman #Nutrip saya kikuk banget, eh lama-kelamaan berasa ada separuh jiwa yang hilang (lebaaay) saat gak olahraga. Alhasil, setiap Senin, Rabu, dan Jumat, tempat gym ini jadi tongkrongan setia saya dan teman-teman #Nutrip lainnya.

Nutrifood InternshipDan gak kerasa nih, setelah satu minggu olahraga bareng ternyata ada 1 hal yang lupa kita lakuin yaitu in-body analysis. Apa tuh? Penasaran ya? 😛 In-body analysis kalau kata orang-orang Nutrifood adalah cara nimbang dosa kita, karena alat ini bisa melihat komposisi tubuh kita dari berat, kadar air, mineral, otot, dan bahkan lemak. Jadi buat yang lemaknya masih tebel-tebel, selamat ya dosanya bakal banyak terungkap disini. Upsss!

Lucunya nih, tau kan kalau cewek sensitif banget soal berat badan? Gak heran, saat 2 orang perempuan teman #Nutrip saya sedang inbody, mereka malah mengusir saya dan teman-teman cowok lainnya supaya dosanya gak keliatan. Yah! cuma Tuhan dan kak Ritchie yang tau seberapa besar dosa mereka :p

Kalau saya sih PD aja 🙂 Dan terbukti fitness score saya, terbilang lumayan lah, 74. Yeay! Saya dan teman saya Huki berhasil dapat fitness score tertinggi dari delapan teman-teman #Nutril lainnya (Boleh dong sombong dikit :P) hahaha.

Gym

Selain itu, ada juga nih, cerita menerapkan hidup sehat sebagai bagian dari gaya hidup dari Kak David, salah satu karyawan Nutrifood. Kak David ini lagi super duper giatnya olahraga buat nurunin berat badannya yang naik sejak merantau ke Jakarta. Katanya sih, sejak pindah dari Makassar ke Jakarta, berat badannya naik 10 kilogram. Wow! Gak heran, kenapa kak David mati-matian untuk bisa menurunkan beratnya dengan cara sarapan oatmeal pake susu HiLo Teen dan diimbangi dengan olahraga demi mencapai target untuk turun 2 kilogram dalam 1 bulan ini. Semangat terus kak David!

Selain fasilitas Gym, Nutrifood juga punya kantin nih buat para karyawannya. Eitss, kantinnya special looh :P. Apa spesialnya? Dari zaman sekolah juga tiap hari ke kantin kan? Karena kantin Nutrifood ini sehat banget, cocok deh sama misi-nya yang “Inspiring a Nutritious Life”. Di kantin sehat ini, saya dan teman-teman #Nutrip sudah pasti mendapat makanan dengan lauk pauk yang sesuai dengan takaran gizi karena protein, buah, sayur, gula, garam, dan lemaknya diatur. Sehat banget kan!

Kantin Sehat Nutrifood

Pepatah cinta kuno mengatakan “dimana ada pertemuan, disitu pasti ada perpisahan” hiks hiks L Sedih sekali, karena tanggal 5 Agustus 2016 lalu, adalah hari terakhir kami berlatih bersama kak Ritchie karena dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studinya kesana, sehingga harus meninggalkan tanah air demi mengejar ilmu ke negeri Belanda. Selamat dan Sukses Kak disana!

Nutrifood Internship 2016Karyawan Nutrifood

 

Itu dia cerita dari saya 🙂 Terima kasih sudah mau menyempatkan waktu membaca sepenggal singkat perjalanan saya di Nutrip 2016. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan agar stay healthy ya! Karena hidup sehat itu nggak nunggu-nunggu, tapi mulai dari sekarang. Cocok deh seperti salah satu tagline-nya Tropicana Slim “Menjaga Manisnya Hidup Dulu, Sekarang, dan Selamanya”

 

Ferry Andrianto

Nutrifood Internship Program (NUTRIP) 2016

Teknik Industri – Institut Teknologi Bandung

Halo NutriFriends, Bapak/Ibu, dan rekan-rekan sekalian,

Apresiasi setinggi-tingginya Nutrifood sampaikan kepada seluruh peneliti yang telah berpartisipasi dengan mengirimkan proposal penelitiannya untuk mengikuti ajang Nutrifood Research Grant 2016. Ini merupakan pencapaian yang sangat bernilai untuk inisiatif memajukan kesehatan khalayak luas di Indonesia – atau bahkan di luar Indonesia nantinya 🙂

Tim juri telah mempelajari ribuan proposal penelitian yang masuk dengan seksama. Begitu banyak ide, inovasi, dan kontribusi potensial dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan, untuk dunia kesehatan yang lebih baik. Saat ini, sudah terpilih sejumlah proposal penelitian yang berhak mengikuti tahap seleksi berikutnya, untuk mendapatkan dukungan dalam menjalankan penelitian dari Nutrifood Research Grant tahun ini. Berikut daftar proposal penelitian yang lolos ke tahap seleksi berikutnya :

PROPOSAL TERPILIH KATEGORI S1

Penelitian 3

 

PROPOSAL TERPILIH KATEGORI S2

Penelitian 1

 

PROPOSAL TERPILIH KATEGORI DOSEN/ PENELITI

Penelitian 2

Untuk proposal penelitian yang belum terpilih, sekali lagi Nutrifood sampaikan apresiasi kepada Bapak/Ibu dan rekan-rekan peneliti sekalian. Semoga proposal penelitian yang telah dikirimkan akan mendapatkan kesempatan untuk dapat direalisasikan.

Kami juga telah mengirimkan e-mail kepada pengirim proposal terpilih, berisi keterangan mengenai seleksi berikutnya, yaitu interview dengan tim penilai Nutrifood Research Grant pada tanggal 14 September 2016 mendatang.

Sampai jumpa dalam inisiatif Nutrifood lainnya untuk bersama-sama menginspirasi kehidupan yang lebih sehat!

 

Terima kasih,

Tim Nutrifood Research Grant